Selasa, 18 November 2014

Tips Membuat Fotography Reflection

Dalam fotografi teknik, refleksi disebut juga pemantulan. Secara ilmiahnya bisa diartikan sebagai perubahan arah rambat cahaya ke arah sisi medium asalnya, setelah menumbuk antarmuka dua medium.

Namun pengertian gampangnya, jika ada sebuah objek foto yang apik dan letaknya bersebelahan / berdekatan dengan sebuah permukaan air, dimana objek itu bisa terlihat jelas dalam permukaan air, itulah yang disebut refleksi. Namun tidak asal objek foto bisa diaplikasikan dengan teknik foto refleksi lho. Nah berikut ada beberapa tips yang mempermudah Anda memotret dengan teknik foto refleksi

Pilihlah objek foto yang berdetail jelas. Entah itu detail lengkung, runcing, elips atau apapun yang menonjol. Karena hal itu mampu menghasilkan refleksi yang unik dan detail pula.

Pilihlah objek foto yang menjulang. Karena semakin menjulang maka makin mudah penampakan refleksi yang ditangkap dan terlihat di permukaan air. Jika objek fotonya rata, tak bisa berefleksi dengan utuh, karena tak menjangkau jarak objek dengan permukaan air.

Pilihlah permukaan tampilan refleksi yang bening / tak keruh / kotor. Sebenarnya, refleksi tak hanya bisa dilihat di permukaan air, namun bisa juga di permukaan kaca. Namun dalam fotografi teknik, dengan alasan keindahan maka banyak yang mengaplikasikan pada permukaan air. Jika permukaan air / kaca nya kotor, maka sudah pasti refleksi bayangan objek foto tak akan terlihat jelas bahkan sama sekali tak terlihat !

Pilih permukaan air yang tenang sebagai media refleksi. Jika permukaan airnya berombak / gelombang deras, jelas refleksi yang ditampilkan akan kabur / tak jelas.

Posisi fotografer. Anda sebagai fotografer, sebaiknya mengambil posisi di seberang objek foto dan permukaan air. Jangan terlalu jauh atau terlalau dekat, agar Anda bisa mengatur komposisi, cahaya, teknik foto framing ataupun angle foto yang menarik.

Jarak antara objek foto dan permukaan air. Sebaiknya tidak terlalu dekat ataupun terlalu jauh, agar bayangan objek bisa terefleksi jelas di permukaan air. Pastikan objek utamanya bisa terefleksi detail dan penuh di permukaan air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar